Looking for:

– ProjectLibre Tutorial Part 1: Creating Your First Project

Click here to Download

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Access Tutorial» Access Halaman ini berisi tentang semua artikel tutorial Microsoft Access yang ada di situs ini. Kami cantumkan semuanya disini agar Anda tidak kesulitan mencari artikel yang Anda butuhkan, sehingga meminimalkan (bahkan tidak perlu lagi) Anda untuk menggunakan fitur pencarian di situs kami. DOWNLOAD EBOOK TUTORIAL BELAJAR MICROSOFT OFFICE PROJECT TERLENGKAP. Microsoft Office Project adalah suatu paket program komputer yang dikeluarkan oleh Perusahaan Microsoft untuk membantu dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan dan pengontrolan jadwal dan biaya suatu proyek secara terperinci dalam lingkup kegiatan demi . Download Microsoft Project Project management software featuring easy reporting features and in-program communications tools. Virus Free Free software for Windows allows you to easily track the time spent on different projects. Steelray Project Viewer Share Gantt charts, calendars, task assignments, resource updates and.
 
 

MS Project Exercises – PDF Free Download – Project for the web

 
ProjectLibre is considered one of the best open source project management tools. Explore Part 1 of our 5-part ProjectLibre tutorial series. Whether you’re interested in a beginner’s guide to using the software, or a more advanced guide to analytics in Microsoft Project, Udemy has a course for. Online templates Microsoft makes a large number of Project templates available for free download via the web. Templates within your organization You might.

 

MS Project lecture –

 

Setelah selesai, klik tombol OK untuk mengakhiri. Lanjutkan untuk memasukkan jadwal selanjutnya. Dan lihat contoh jadi seperti pada Gambar 3. LANGKAH 6 Setelah selesai memasukkan tanggal pengerjaan, langkah berikutnya adalah memasukkan siapa saja yang melaksanakan pekerjaan tersebut.

Klik tombol Resources kemudian pilih Specify people and equipment for the project. Selanjutnya Microsoft Project akan menampilkan lembar kerja resources, pada kotak dialog bagian kiri pilih menu Enter resources manually. Resources terdiri dari dua macam, yaitu: 1. Cost biaya , biasanya mengacu pada biaya variabel, yaitu biaya yang dikeluarkan berdasarkan berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Contoh variabel yang bisa dimasukkan ke dalam cost adalah biaya tenaga kerja. Material resources bahan baku , seperti namanya, variabel yang masuk kelompok ini adalah variabel bahan baku, dalam contoh kasus kali ini pembelian kursi, meja, dan komputer. Untuk memasukkan resources, klik pada Shell resources untuk menampilkan kota dialog Resources. Untuk lebih jelasnya lihat Gambar 3. Pada saat kotak dialog Resources terbuka, perhatikan pada bagian Type, apabila Anda klik akan keluar menu Pulldown dengan tiga pilihan: 1.

Work, yang masuk kelompok ini adalah tenaga kerja, sewa peralatan, atau alat pendukung lain yang hanya dipakai sementara dan tidak berkurang kuantitasnya akibat dipergunakan. Cost, yang masuk pada tipe biaya adalah pengeluaran yang tidak bergantung kepada jumlah pekerjaan atau waktu yang diperlukan, seperti biaya tiket kereta atau tiket pesawat. Pada Gambar 3. Jika Anda perhatikan Gambar 3. Setelah memasukkan honor per jam, klik OK untuk mengakhiri.

Untuk variabel material, caranya hampir sama. Hanya pada type, Anda pilih “material” dan pada rate cukup dimasukkan standart rate saja. Lihat Gambar 3. Klik kolom Resources name, kemudian aktifkan tabulasi Resources seperti pada Gambar 3. Masukkan apa atau siapa saja yang terlibat dalam pengerjaan tersebut. Untuk material, Anda harus memasukkan berapa unit material yang diperlukan.

Opsi Tambahan Jika Anda mendapatkan tenaga freelance dengan jam kerja khusus, misalnya hanya bekerja pada jam Caranya dengan: 1. Pilih resource yang ingin Anda atur jam kerjanya.

Klik menu Define working times for resources. Klik Continue to step 2 dan step 3 untuk masuk ke bagian Editing. Pilih hari apa yang ingin Anda ubah jam kerjanya. Masukkan jam kerja baru. Jika Anda ingin mengubah jam kerja seluruh hari dari Senin sampai Sabtu, klik Apply to all days. Apabila sudah selesai, klik menu Continue to step 4 untuk mengakhiri. Jika pada bab sebelumnya kita belajar bagaimana merencanakan proyek, maka pada bab ini kita akan mengelola proyek agar kelak mudah untuk dievaluasi sebagai bahan pembelajaran pengelolaan proyek di masa depan.

Gambar 4. LANGKAH 1 Sebelum memulai tracking, Anda harus menyimpan perencanaan proyek Anda sebagai baseline dengan mengklik menu Save a baseline plan to compare with later versions, dilanjutkan dengan mengklik tombol Save baseline. Pada bagian ini, ada 3 cara memasukkan tingkat penye- lesaian pekerjaan: 1. Always track by entering the percent of work complete. Cara ini berfungsi untuk memasukkan progress pekerjaan berdasarkan persentase penyelesaian.

Anda cukup memasukkan angka 0 untuk memprediksi berapa persen pekerjaan telah diselesaikan, kelemahan metode ini adalah tingkat akurasinya sangat lemah. Always track by entering the actual work done and work remaining Cara ini berfungsi untuk memasukkan progress pekerjaan berdasarkan jam kerja yang telah penyelesaian. Anda cukup memasukkan angka 0 sampai angka tertinggi sama dengan jam kerja yang anda masukkan ke rencana kerja.

Akurasi progress-nya cukup baik, karena dihitung jam per jam. Always track by entering the hours of work done per time period Cara ini berfungsi untuk memasukkan progress pekerjaan berdasarkan jam kerja yang telah penyelesaian. Anda cukup memasukkan angka 0 sampai angka tertinggi sama dengan jam kerja yang Anda masukkan ke rencana kerja.

Ditambah tampilan tanggal mulai pengerjaan dan tanggal penyelesaiannya membuat Anda bisa mengetahui detail jadwal pekerjaan. Kali ini kita akan menggunakan cara moderat dengan menggunakan metode kedua. Masukkan jumlah jam kerja yang telah diselesaikan dan lihat bedanya pada Gambar 4.

Caranya cukup mudah, dengan mengklik menu Done pada Setup tracking, Anda akan dibawa ke menu project guide tracking. Untuk melihat progress kerja, silakan klik pada bagian Incorporate progress information into the project. Pada bagian incorporate progress ditampilkan beberapa kolom, yaitu: Gambar 4.

Actual Work Berisi informasi informasi berapa jam pekerjaan tersebut sudah dilakukan. Remaining Work Berisi informasi berapa lama lagi sisa pekerjaan yang harus dilakukan. Duration Berisi informasi berapa hari pekerjaan itu sudah dilakukan. Untuk melihat project apa saja yang sudah selesai, kita bisa melihatnya melalui Status indicator pada Microsoft Project. Ada beberapa icon indikator yang menandai status pekerjaan, yaitu: Icon Keterangan Status Pekerjaan yang telah selesai.

Pekerjaan yang sesuai jadwal. Pekerjaan yang sudah melebihi jadwal. Pada Gambar 4. Pada menu ini, Anda bisa melihat beberapa kelompok pekerjaan melalui filter. Completed task, menu ini berfungsi untuk melihat tugas atau pekerjaan apa saja yang sudah selesai dijalankan. Task on schedule, menu ini berfungsi untuk melihat tugas atau pekerjaan apa saja yang sudah sesuai jadwal.

Late Tasks, menu ini berfungsi untuk melihat tugas atau pekerjaan apa saja yang sudah terlambat dari jadwal seharusnya. Critical Tasks, menu ini berfungsi untuk melihat tugas atau pekerjaan apa saja yang sudah hampir deadline. Future Tasks, menu ini berfungsi untuk melihat tugas atau pekerjaan apa saja harus dilakukan selanjutnya.

Unstarted Tasks, berisi list pekerjaan yang belum dimulai. Selain keenam tugas tersebut, masih banyak filter yang bisa digunakan. Untuk menampilkan list lengkap, Anda bisa mengklik More Filters Jika tanggal diubah menjadi tanggal 24 Oktober, maka ada status yang berubah dari sesuai jadwal ke status terlambat. Selain mengubah tanggal pemeriksaan status, Anda juga bisa menampilkan status berdasarkan status pekerjaan, interval pekerjaan berdasarkan tanggal dimulainya pekerjaan, serta interval pekerjaan berdasarkan jadwal tanggal selesainya pekerjaan.

Untuk menampilkannya, Anda bisa mengklik Make changes to the project pada project guide. Untuk mengetahui berapa besar biaya tiap-tiap pekerjaan, Anda bisa mengaktifkan detail cost dengan klik kanan dan tandai cost dengan mengklik kiri saat kursor Anda tepat di menu Cost, kemudian lihat hasilnya.

Field informasi apa saja yang bisa ditampilkan di detail sheet. Field yang ditampilkan oleh user. Jenis huruf dan ukuran yang digunakan. Warna latar belakang dan pattern sheet untuk field yang sedang Anda pilih di nomor 2. Untuk mengubah warna background dan pattern yang Anda sukai, silakan bereksplorasi dengan kotak dialog detail sheet ini.

Untuk mengganti warna huruf, Anda bisa mengubahnya di Change font sehingga background dan warna hurufnya menjadi berbeda dibandingkan detail sheet yang lain. Microsoft akan memberikan banyak kemudahan dalam menampilkan laporan dalam berbagai bentuk. Laporan merupakan satu bentuk dokumen tertulis yang berisi rangkuman informasi dari satu kegiatan yang dirancang dan disusun untuk memberikan gambaran situasi dari kegiatan tersebut.

Laporan bisa diberikan kepada publik maupun perorangan yang memerlukan, yang terpenting dari pelaporan adalah kesesuaian format antara pemberi laporan dan penerima laporan. Untuk itu, Microsoft menyediakan begitu banyak model pelaporan bagi Anda. Masuk ke Menu Report Melalui Project Guide Seperti sebelumnya, kita harus mengaktifkan project guide untuk pelaporan dengan cara mengklik tombol Report pada toolbar project guide.

Atau bisa juga dengan mengklik menu Report area pada Project guide tracking. Setelah aktif, akan tampil menu untuk memulai langkah- langkah menampilkan laporan pekerjaan Anda. Gambar 5. Anda bisa melihat, mengedit, dan menampilkan informasi dalam beragam bentuk. Seperti halnya pada bagian tracking, pada bagian report ini tersedia beberapa template tampilan. Visual reports terbagi dalam beberapa kelompok, yaitu task overview, task usage, resource overview, resource usage, assignment overview, dan assignment usage.

Sedangkan, laporan reports dibagi menjadi overview, current activities, costs, assignments, workload, dan custom reports. Di bagian custom reports, Anda bisa mengubah laporan sesuai kebutuhan.

Untuk mulai memanfaatkan fitur Report, Anda bisa mengklik menu dan pada project guide menampilkan dua pilihan.

Pada Gambar 5. Untuk melihat tampilan lengkapnya, Anda bisa mengklik See additional view. Di situ Anda bisa melihat daftar pekerjaan secara berurutan tanggal dan dalam tampilan kalender. Anda bisa melihat gantt chart secara detail. Setelah itu, akan ditampilkan diagram jaringan berupa flowchart. Di situ akan ditandai pekerjaan yang sudah selesai dengan warna hitam dan dicoret.

Selanjutnya akan ditampilkan hubungan antara satu pekerjaan dengan pekerjaan yang lain. Pada view report ini agak unik karena Anda bisa melihat sumber daya yang tersedia sudah mengerjakan apa dan terlibat dalam proyek apa saja.

Menu ini berfungsi untuk melihat kinerja sumber daya kita apakah ada yang overload atau tidak. Fitur ini cukup menarik dan nyaman digunakan karena Anda bisa melihat dengan mudah siapa saja yang overload.

Resource sheet ini memiliki tampilan mirip dengan worksheet pada Excel. Di situ, Anda bisa melihat seluruh sumber daya yang ada beserta tingkat penggunaannya. Resource usage berfungsi untuk melihat berapa tingkat penggunaan sumber daya yang tersedia serta berapa biaya yang harus dikeluarkan selama proyek. Untuk menambahkan detail yang ingin ditampilkan, klik kanan pada Sheet detail kemudian klik pada Detail sheet. Tampilan task form ini mirip dengan resources form, hanya saja ditampilkan berdasarkan kelompok tugas dan bukan berdasarkan resources-nya.

Di sini, Anda bisa melihat satu pekerjaan diselesaikan oleh siapa saja dan tiap-tiap sumber daya mengerjakan pekerjaan tersebut selama berapa jam. Pada task sheet ini, Anda bisa melihat satu pekerjaan diselesaikan dalam berapa hari, oleh siapa, dan apa saja yang terlibat dalam proses pekerjaan tersebut. Task usage berfungsi untuk melihat berapa jam kerja yang dipakai pada hari-hari tertentu, misalkan hari Senin bekerja selama 8 jam, sedangkan hari Selasanya hanya 1,5 jam.

Tracking gantt berfungsi untuk membandingkan jadwal yang disusun dalam rencana kerja baseline schedule dibandingkan dengan realisasi jadwalnya actual schedule.

Caranya klik Create a project report untuk menampilkan pilihan penggunaan Visual report. Display Visual Report Menu ini berfungsi untuk mengekspor laporan ke dalam pivot table Microsoft Excel. Klik Menu untuk menampilkan kota dialog seperti pada Gambar 5. Untuk mengekspor ke pivot table cukup mudah, Anda tinggal pilih jenis laporan apa yang diinginkan dan Anda tinggal klik tombol View. Maka, laporan akan tersusun secara otomatis dan ditampilkan di Microsoft Excel.

Display Reports Display report ditujukan bagi Anda yang ingin mencetak secara langsung di Microsoft Project, cara membuatnya hampir sama, klik saja Display report. Untuk mencetak laporan, cukup pilih salah satu jenis report, kemudian klik tombol Select untuk menampilkan model laporan yang tersedia.

Setelah Anda pilih format mana yang paling sesuai, tinggal klik tombol Select untuk menampilkan print preview. Metode ini sangat mudah digunakan, tetapi memiliki keterbatasan tampilan. Selain itu, Anda bisa mengurutkan tampilan berdasarkan tanggal dimulainya. Penyaringan, pengelompokan, dan pengurutan data akan mengubah tampilan informasi proyek secara temporer. Anda bisa menggunakan fitur ini untuk menampilkan dan me- review informasi proyek. Fitur yang tersedia di menu ini antara lain penyaringan filter dan pengelompokan group.

Ada beberapa pilihan untuk mengubah tampilan gantt chart, dengan menggunakan wizard atau secara manual. Kali ini kita agak mempelajari bagaimana mempercantik gantt chart kita dengan menggunakan wizard. Klik tombol Format it untuk memformat tampilan gantt chart Anda. Anda juga bisa mengubah time scale-nya menjadi 3 baris atau menyederhanakannya menjadi 1 baris saja.

Untuk menngaktifkan kotak dialog time scale, ikuti urutan penekanan menu seperti Gambar 5. Tiap tier atau tingkatan menu memiliki tabulasi untuk konfigurasi. Anda bisa menentukan kelompoknya per tahun, per setengah tahun, sampai unit terkecil. Hanya saja, Anda tidak boleh memasukkan nilai yang lebih kecil dari tier di bawahnya. Namun, Anda bisa mengubahnya menjadi harian.

Namun, Anda bisa mengubahnya menjadi tiap jam. Unit, yang merupakan skala rentang waktu gantt chart akan ditampilkan. Label, judul dari gantt chart. Jumlah baris informasi time scale yang akan ditampilkan. Menu ini cukup mudah dan intuitif karena tidak memerlukan banyak prosedur untuk mencetak dokumen yang diperlukan. Apabila masih dirasa kurang, Anda bisa masuk ke page setup lagi untuk mengatur margin dan jenis font.

Pada scheduled bar ditampilkan tanggal pekerjaan yang sedang berlangsung. Pada praktiknya, ada perbedaan antara perencanaan dengan realisasi pengerjaan proyek. Anda bisa melihat perbedaan tersebut dalam kolom-kolom pada lembar kerja. Anda bisa juga menggunakan menu ini untuk menganalisis rencana jadwal dan realisasinya. Dengan menggunakan filter, Anda bisa juga menampilkan tugas yang masih harus diselesaikan tanpa menampilkan tugas yang sudah diselesaikan.

Gantt chart atas menggambar kondisi sebenarnya actual , sedangkan bagian bawah menampilkan rencana awal baseline. Jika Anda perhatikan Gambar 5. Hitam adalah baseline schedule, sedangkan hijau adalah actual schedule.

Anda bisa juga menambahkan sumber daya baru untuk menyelesaikan tugas tersebut agar lebih cepat terselesaikan. Untuk melihat sumber daya tersebut bertugas di pekerjaan apa saja dan bagaimana progress-nya, Anda cukup mengklik sumber daya di kiri atas.

Maka, kolom kanan atas dan bawah akan menampilkan detailnya. Mengubah sumber daya yang digunakan untuk menyelesaikan satu pekerjaan. Misalnya, dengan mengganti pekerja yang memiliki honor tinggi dengan yang berhonor rendah. Menyesuaikan tarif untuk tiap sumber daya, misalnya dengan bernegosiasi untuk mendapatkan harga termurah atau dengan sistem borongan hingga berapa lama tugas tadi diselesaikan tidak akan membuat pegeluaran Anda membengkak.

Tentu saja Anda hanya bisa melakukan cara ini jika pekerjaan tersebut tidak bergantung kepada pekerjaan lainnya atau ada pekerjaan lain yang bergantung pada pekerjaan tersebut. Mengurangi ruang lingkup kerja proyek, atau dengan bahasa lain, lebih fokus pada pekerjaan inti untuk mengurangi biaya. Salah satu cara adalah dengan menghapus tugas yang tidak perlu atau mempersingkat waktu pengerjaan serta efisiensi staf. Dengan melakukan cara tersebut diharapkan mampu mengurangi biaya.

Home About Contact Error Page. Microsoft Office Project adalah suatu paket program komputer yang dikeluarkan oleh Perusahaan Microsoft untuk membantu dalam menyusun perencanaan , pelaksanaan dan pengontrolan jadwal dan biaya suatu proyek secara terperinci dalam lingkup kegiatan demi kegiatan. Berfungsi juga dalam hal penjadwalan, pencatatan dan pemantauan penggunaan sumberdaya manusia maupun peralatan dan mengemas dalam sajian laporan yang akurat.

Pertama kali Microsoft Office Project dikembangkan pada tahun dengan berbasis Operating system MS-DOS dan langsung mendapat sambutan yang cukup baik karena merupakan pionir software manajeman proyek yang menggunakan gantt chart. Khusus untuk versi windows, software ini dirilis oleh dua versi, yaitu standart dan professional. Setelah melakukan beberapa pengembangan dengan penambahan fitur-fitur baru, akhirnya diluncurkan generasi baru dari Microsoft Office Project yang berkemampuan untuk berintegrasi dengan Microsoft Sharepoint portal terintegrasi dari microsoft.

Dengan Adanya ini, Microsoft mulai merambah ranah korporasi karena dengan mengintegrasikan seluruh fitur dan kemampuan Microsoft Project, Anda bisa mengorganisasi kegiatan dan penjadwalan dengan mudah. Jika tertarik untuk mempelajari Microsoft Office Project, Silahkan download saja ebook yang telah kami sediakan secara gratis dibawah ini. Bahasa : Indonesia.

 
 

– Dasar-Dasar Microsoft Word

 
 

Posting Komentar. Home About Contact Error Page. Microsoft Office Project adalah suatu paket program komputer yang dikeluarkan oleh Perusahaan Microsoft untuk membantu dalam menyusun perencanaan , pelaksanaan dan pengontrolan jadwal dan biaya suatu proyek secara terperinci dalam lingkup kegiatan demi kegiatan.

Berfungsi juga dalam hal penjadwalan, pencatatan dan pemantauan penggunaan sumberdaya manusia maupun peralatan dan mengemas dalam sajian laporan yang akurat. Pertama kali Microsoft Office Project dikembangkan pada tahun dengan berbasis Operating system MS-DOS dan langsung mendapat sambutan yang cukup baik karena merupakan pionir software manajeman proyek yang menggunakan gantt chart.

Khusus untuk versi windows, software ini dirilis oleh dua versi, yaitu standart dan professional. Setelah melakukan beberapa pengembangan dengan penambahan fitur-fitur baru, akhirnya diluncurkan generasi baru dari Microsoft Office Project yang berkemampuan untuk berintegrasi dengan Microsoft Sharepoint portal terintegrasi dari microsoft. Dengan Adanya ini, Microsoft mulai merambah ranah korporasi karena dengan mengintegrasikan seluruh fitur dan kemampuan Microsoft Project, Anda bisa mengorganisasi kegiatan dan penjadwalan dengan mudah.

Jika tertarik untuk mempelajari Microsoft Office Project, Silahkan download saja ebook yang telah kami sediakan secara gratis dibawah ini. Bahasa : Indonesia. Selamat belajar Microsoft Office Project! Semoga postingan ini dapat membantu. Terima kasih! About Unknown. This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the “Biographical Info” field in the user admin panel. Blogger Comment Facebook Comment.

Langganan: Posting Komentar Atom.